Blog Dapat Dimanfaatkan Dalam Dunia Pendidikan

Peran media internet (tentu saja media komputer yang menjadi perangkat utamanya) semakin meningkat pesat dari waktu ke waktu. Internet memang memudahkan pelajar mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Dalam internet banyak fasilitas yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satu produk internet yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah Blog. Blog merupakan media komunikasi yang sangat efisisen karena pembuatan blog bisa secara gratis dan blog bisa menjangkau ke seluruh jagat internet tanpa mengenal ruang dan waktu.

1. Pengertian Internet

            Internet  memiliki arti yang cukup luas dimana kata internet itu sendiri merupakan singkatan kata dari interconnection-networking, bila dijabarkan secara sistem global maka internet merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data. Internet mencangkup segala sesuatu secara luas baik itu komputerisasi maupun telekomunikasi.

Dengan internet kita bisa menyiarkan dan mengakses secara langsung baik berita maupun informasi dengan akses internet online ke seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan wilayah geografis dari setiap penggunanya. Internet bisa diibaratkan seperti komputer yang saling berbicara satu sama lain dan juga bisa bertukar data secara langsung setelah komputer terhubung pada jaringan internet menggunakan TCP/IP.

Internet telah berkembang sangat pesat membuat penggunanya semakin bertambah dan terus bertambah dengan berbagai layanan yang bisa didapatkan baik dalam mengakses informasi dari berbagai situs, komunikasi live chat, email gratis, dan berbagi data dengan secara langsung menggunakan software dan tools tertentu atau menggunakan File Transfer Protocol (FTP).

2. Pengertian Blog 

Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan. Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan.

Pada awal munculnya blog, tidak banyak orang yang dapat membuatnya. Hal ini disebabkan pada saat itu dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus tentang bagaimana mambuat website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang expert di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer saja lah yang mampu menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang didirikan oleh perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab pada Agustus 1999. Layanan blog pada Blogger.com memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Pada akhir tahun 2002, Google akhirnya mengakuisisi Blogger.com. Sejak saat itulah media blog Blogger.com kian berkembang dengan banyaknya fitur maupun aplikasi-aplikasi penunjang yang bersifat terbuka (open source) yang ditujukan untuk perkembangan sang pemilik blog itu sendiri. Kemudian belakangan munculah berbagai media (platform) blog yang lain, seperti, WordPress, Blogger.com, BlogDetik.com dan lain sebagainya.

Ciri-ciri blog yang biasa dikenal:

  • Berisikan informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  • Terdapat arsip untuk berita atau informasi baik baru maupun lama.
  • Terdapat interaksi antara pemilik blog dan pengunjung/pembaca.
  • Biasanya interaksi tersebut berbentuk sebuah kolom komentar.
  • Biasanya terdapat pranala (link) ke website atau blog sering dikujungi, biasanya dikenal dengan nama Blogroll.

Hingga kini blog telah berkembang pesat tidak lagi sebagai catatan harian saja, namun telah beradaptasi menjadi sebuah media publikasi baik itu dalam masalah sosial politik, kesehatan, informasi, hukum, agama, pendidikan, bisnis, maupun sebagai toko online.

3.  Fungsi Blog

            Blog berfungsi sebagai  media penulisan online yang banyak digunakan oleh banyak pengguna internet  sekarang ini ada berbagai macam penyedia layanan blog, dari yang gratisan sampai yang berbayar sebagai awal tentu saja mengunakan fasilitas bloging yang gratisan sudah cukup. Blog itu sendiri ada banyak jenisnya dari yang bersifat blog personal maupun blog yang bersifat komersil. Blog tentunya memiliki banyak fungsi, diantaranya :

  1. Blog sebagai media menulis dimana menulis ini merupakan fungsi utama dari blog.
  2. Blog sebagai media bersosialisasi dengan orang lain melalui media imternet.
  3. Blog sebagai media pembelajaran jika blog berisi tentang materi-materi yang bersifat akademis.
  4. Blog sebagi media berpromosi baik itu melalui jaringan lokal maupun internasional. dengan cara menjual  suatu produk atau memanfaatkan blog sebagi media iklan.
  5. Blog sebagai media berdiskusi

mungkin masih banyak fungsi blog yang lainnya tapi kelima fungsi blog diatas yang paling banyak di jumpai di belantara internet yang penuh sesak dengan ratusan juta blog.

4. Manfaat Blog Dalam dunia Pendidikan

            Blog  dapat dikategorikan sebagai e-learning, dalam tulisannya Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Mengingat fungsi blog sebagai media pembelajaran, blog memiliki berbagai manfaat dalam dunia pendidikan, diantaranya :

  1. Mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang berhasil mereka dokumentasikan.
  2. Menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksible.
  3. Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswa. Misalnya seorang guru mempposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.
  4. Memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru dalam dunia pendidikan. Jadi teknologi yang semakin canggih ini asal dimanfaatkan semaksimal mungkin, diharapkan dapat menghasilkan suatu perubahan besar, tidak hanya di bidang pendidikan, bahkan mencakup semua bidang.

5.  Cara Pembuatan Blog Sederhana Untuk Fasilitas Pendidikan

            Saat ini membuat blog bukanlah suatu hal yang sulit. Banyak sekali provider blog atau website  yang memberikan layanan pembuatan blog secara gratis, sebut saja Blogger.com, atau wordpress.com, dua website tersebut sudah sangat familiar dikalangan blogger dan pengguna internet.

            Dalam pembuatan blog, hal pertama yang harus ada adalah e-mail. Jika belum anda dapat membuat e-mail terlebih dahulu. Saya asumsikan bahwa anda telah memiliki e-mail, sebagai contoh blog sederhana, berikut kami berikan langkah-langkah pembuatan blog di wordpress.com. Adapun langkah-langkahnya adalah :

1.  Jalankan browser Anda kemudian buka http://www.wordpress.com. Tunggu hingga muncul tampilan

     awal WordPress.com.

2.  Klik Get Started Here

Cara Membuat Blog WordPress

3.   Isi formulir yang telah tersedia,

Cara Membuat Blog WordPress

kemudian klik Create Blog.

4.  Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan aktivasi blog dengan cara mengeklik link

yang dikirimka ke email Anda.

Cara Membuat Blog WordPress

5.  Klik link yang ada di pesan email Anda.

Cara Membuat Blog WordPress

6.   Setelah Anda klik link tersebut maka Anda akan langsung menuju halaman dashboard. Ini

       artinya akun Anda telah aktif dan blog Anda telah jadi.

7.   Selesai

Nah… semoga bermanfaat ya bagi sobat……. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s